Survival Jilid Dua

MALANG – Jika musim lalu, tim Arema bisa mengawali kompetisi dengan modal Rp 7,5 miliar dari bantuan Bentoel, maka musim 2010/2011 ini, Singo Edan tanpa modal.
Karenanya, meski komposisi pemain Arema sudah lengkap, namun semuanya mengandalkan nota kesepahaman. Seluruh pemain yang menyatakan komitmen untuk memperkuat Arema itu, belum ada yang menerima DP (down payment) atau uang muka kontrak mereka. Maklum, hingga saat ini kondisi keuangan Arema tidak mencukupi untuk itu.
Bahkan tanggungan manajemen Arema untuk sisa hak pemain musim lalu, belum juga bisa diselesaikan. Tak heran kalau Pembina Yayasan Arema, Andi Darussalam Tabusala, hanya bisa menjanjikan untuk menyelesaikan masalah keuangan ini secepatnya.
Paling tidak sebelum lebaran, ADT mengupayakan agar DP pemain sudah bisa dibayar. Belum jelas langkah yang ditempuh ADT untuk mendapatkan fresh money dalam waktu secepatnya.
Namun persoalan Arema tidak berhenti disitu. Justru untuk waktu-waktu yang akan datang, muncul kekhawatiran Arema tidak akan mampu menyelesaikan kompetisi musim depan. Apalagi untuk tiga kompetisi yang bakal dilakoni, termasuk Liga Champions Asia, Arema butuh dana yang tidak sedikit.
Berdasarkan prakiraan awal, dari keterangan Direktur PT Arema Indonesia beberapa waktu lalu, Arema butuh dana sekitar Rp 30 miliar. Artinya, persoalan keuangan Arema tak akan berhenti dengan terbayarnya DP pemain.
‘’Menurut saya, kondisi Arema ini adalah survival jilid kedua. Setelah semusim kemarin Arema mampu bertahan setelah lepas dari Bentoel, maka musim ini juga harus bisa bertahan,’’ ungkap CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono.
“Kondisi sekarang tidak jauh beda seperti sebelumnya. Pertanyaannya adalah, bagaimana caranya Arema untuk survive, atau memang ada potensi untuk bangkrut. Jadi memang kembali ke manajemen Arema sendiri untuk survive,’’ sambungnya.
Pria yang juga tercatat sebagai konsultan PT Arema Indonesia ini memiliki keyakinan, manajemen Arema punya kiat-kiat untuk lebih membuka diri terhadap masuknya investor, donatur maupun sponsor.
‘’Setidaknya itu berdasarkan track record manajemen Arema dengan tingkat kesulitan yang dihadapi selama ini. Bukan pekerjaan mudah, tapi saya punya keyakinan, Arema bisa tetap survive dengan kondisi ini,’’ katanya.
Keyakinan Joko Driyono juga didasarkan atas posisi tim Arema sebagai tim berprestasi yang memiliki suporter yang luar biasa. Untuk itu, pria asal Ngawi ini berharap, manajemen Arema melakukan inovasi penggalian dana.
‘’Siapa tahu, dengan sepakbola yang selalu penuh kejutan, orang menganggap karena sudah tidak ada Bentoel, bisa jadi sekarang adalah saat yang tepat untuk masuk di Arema. Itu siapa tahu,’’ sebut Joko.
Terlepas itu, kondisi lepasnya Bentoel ini sendiri disikapinya sebagai gangguan untuk klub yang menginginkan sebuah stabilitas. ‘’Karena harapan terhadap pendanaan ini ada kendala, tentu ada gangguan. Tapi saya yakin, ini survival jilid dua,’’ lanjutnya.
Sekedar diketahui, di awal musim kemarin, Joko juga optimis Arema bisa melewati kompetisi 2009-2010 dengan segala macam persoalannya. Itu terbukti dengan Arema menjadi juara. Karenanya, musim depan mantan pengurus Pelita KS ini juga tetap optimis Arema bisa melampaunya lagi. Meski pun kondisinya lebih sulit, dengan tanpa ada dukungan dana dari Bentoel.
‘’Optimisme saya tidak pernah bergeser tentang Arema. Saya tidak mau menganggap ini masalah kecil. Tapi saya menganggap kredibilitas Arema, manajemen dan seluruh stakeholder telah terbukti mengantarkan Arema melampui kesulitan yang dihadapi, dan skenario itu akan terjadi lagi,’’ yakinnya. (malang-post.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Popularity (by popuri.us)

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 6 pengikut lainnya

Get cash from your website. Sign up as affiliate Cell phone video surveillance solution
Indonesians’ Beautiful Sharing Network

Flickr Photos

Nittele Tower in black and white

Buachaille Etive Mor

A Painting from Florence

Lebih Banyak Foto

Statistik

free counters
%d blogger menyukai ini: