Inilah Mimpi-Mimpi Google

Google merupakan perusahaan ambisius. Tidak hanya menjadi mesin pencari raksasa, kini mereka bahkan mulai mencari mangsa di pasar ponsel. Sebenarnya apa impian Google?

CEO Google Eric Schmidt mengakui bahwa keberadaan Facebook telah membuka mata mereka soal pentingnya jejaring sosial. Semakin banyak informasi yang mereka dapatkan soal lingkungan pengguna internet, semakin besar pula pengaruh Google dalam tingkah laku pengguna.

“Kami dapat menggunakan informasi tersebut untuk mengembangkan pengalaman soal menampilkan informasi yang benar-benar Anda butuhkan. Sejujurnya, kami sedang membangun informasi sosial menjadi produk Anda secara keseluruhan.”

Schmidt mengakui bahwa ke depan, Google akan bertindak sedikit ‘sok tahu’ dengan memberikan saran berdasarkan informasi yang dipaparkan masyarakat di Internet.

“Saat ini begitu banyak informasi di dunia internet. Kami bisa mencari tahu keberadaan Anda atau apa yang sedang Anda cari. Kami akan mencoba menciptakan cara agar manusia lebih baik yaitu memberikan ide berdasarkan pengalaman sebelumnya. Anggap saja ini saran yang humanis,” kata Eric Schmidt seperti dikutip dari Business Week.

Soal fenomena game Zynga yang ngetop saat ini, Schmidt mengakui ini dengan santai. “Masyarakat bahagia menghabiskan banyak uang demi hewan palsu.”

Sebelumnya, CEO Apple Steve Jobs sempat menunjukkan kekecewaan kepada Google karena mereka kini mulai merambah pasar ponsel lewat Android. Padahal, Apple tidak pernah mulai menyangsa bisnis mesin pencari. Meskipun begitu, Schmidt berkilah bahwa mereka terlalu ambisius.

“Apple adalah perusahaan mitra sekaligus pelengkap Google. Kami telah melakukan berbagai kesepakatan dengan mereka. Namun, Saya menyadari bahwa keduanya akan berjalan terlalu dekat. Meskipun begitu, Android telah ada sebelum iPhone.”

Schmidt menyayangkan keberadaan iPhone, ponsel pesaing Android, meskipun termasuk kategori terbaru. Ia menganggap Apple terlalu tertutup dengan menawarkan hardware, aplikasi yang sama dalam tempat yang sama. Padahal, operator membutuhkan alternatif.

Berbeda dengan Android, ujar Schmidt, yang akan memberikan solusi karena software mereka terjual dengan bebas. Bahkan, Android telah menjadi sangat populer karena kerja sama mereka dengan Motorola dan LG.

“Google menawarkan sistem aplikasi terbuka. Berbeda dengan program Apple yang terlalu tertutup karena mereka menulis program dalam bahasa yang spesifik. Padahal, masa depan, teknologi akan begitu terbuka untuk membangun aplikasi sebagai kekuatan,” kata Schmidt.

Menurut CEO Google yang juga berteman dengan Steve Jobs, teknologi akan memberi kesempatan bagi siapapun untuk mengembangkan diri. Di Internet misalnya, keterbukaan akan selalu menang. “Saya tidak bisa membayangkan lingkungan kompetisi yang tidak menawarkan hal ini,” ujarnya.

Mengenai masa depan ponsel, Schmidt tampak lebih optimis. Menurutnya, subsidi akan membuat harga ponsel menjadi jauh lebih murah. Negara berkembang pun akan mampu memproduksi ponsel sendiri.

“Ini berarti kita dapat menjual miliaran ponsel bahkan, ponsel berteknologi tinggi, nantinya, akan menggunakan komputasi yang menakjubkan,” kata Schmidt.

Google sempat bermasalah dengan China menyangkut masalah pemblokiran negara tersebut. Namun Schmidt mengakui bahwa negara ini sangat cerdas, kreatif dengan pemerintah yang begitu kuat.

“Meskipun begitu, negosiasi tidak akan dapat berjalan di China,” ungkap Schmidt. Ini yang menjadi alasan mengapa Google langsung pindah dari negara tersebut.

sumber: (http://www.beritajatim.com/detailnews.php/12/Teknologi/2010-09-27/78876/Inilah_Mimpi-Mimpi_Google)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Popularity (by popuri.us)

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 7 pengikut lainnya

Get cash from your website. Sign up as affiliate Cell phone video surveillance solution
Indonesians’ Beautiful Sharing Network

Flickr Photos

Statistik

free counters
%d blogger menyukai ini: