Produksi Mobil Merek ESEMKA Secara Massal (Bangga Jadi Anak Negeri)

Prestasi Siswa SMK Negeri I Singosari

SMK Negeri I Singosari terpilih menjadi salah satu nominator tim penilaian pelayanan publik tingkat Provinsi Jawa Timur. SMKN 1 Singosari ini merupakan Sekolah Menengah Kejuruan pertama yang berstatus SBI di Indonesia, dan merupakan pilot project pengembangan SMK berstandar Internasional. Kini sudah ada 200 SMK yang bertaraf Internasional di Indonesia yang siap dikembangkan dan kelak diharapkan menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia. 
Sekolah kebanggaan Kabupaten Malang dan Provinsi Jawa Timur itu berdiri pada 16 Oktober 1951 sesuai SK Menteri P & K Nomer 4490/B.II/1951. Awalnya  bertempat di komplek SMA Tugu Jl. Alun-alun bunder Kota Malang dengan nama STM 1 Malang. Kemudian Th 1953 mulai berdiri beberapa STM di Kota Malang yang pada akhirnya Th 1960 beberapa STM tersebut digabung menjadi satu dengan STM 1 dan menempati tiga lokasi yaitu di Jl. Belitung, Jl. Tanimbar, dan Jl. Nusakambangan.
Berdasarkan keputusan Menteri No 090/0/1979 pada tahun 1979 STM 1 Malang berubah nama menjadi STM Malang, karena merupakan satu-satunya STM Negeri di Malang. Pada 1981 mulai menempati gedung baru di Jl. Raya Mondoroko No.3 Kecamatan Singosari hingga sekarang.
Sekolah ini memiliki lima program keahlian, dengan sembilan kompetensi  keahlian. Pertama bidang keahlian teknik bangunan dengan kompetensi keahlian teknik konstruksi bangunan dan kompetensi keahlian teknik gambar bangunan. Kedua bidang keahlian teknik survei dan pemetaan dengan kompetensi keahlian survei dan pemetaan.
Ketiga bidang keahlian teknik ketenagaan listrikan dengan kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik dan kompetensi keahlian teknik otomasi industri. Keempat adalah bidang keahlian teknik mesin dengan kompetensi keahlian teknik pemesinan dan kompetensi keahlian teknik pemeliharaan mekanik industri.
Kelima bidang keahlian teknik otomotif dengan kompetensi keahlian teknik ototronik dan kompetensi keahlian teknik alat berat. Tahun pelajaran 2009-2010 seluruh Bidang keahlian sudah berstatus SBI. Dalam pengembangan bidang-bidang keahlian, SMKN I Singosari bekerjasama dengan lebih dari 150 partner industri.
Kolaborasi dengan partner itu berlangsung sangat harmonis, bahkan dalam hal rekruitmen, guru tamu, OJT, prakerin maupun bantuan-bantuan peralatan. Untuk mendidik dan melatih siswa selama belajar di SMKN 1 Singosari . Motto SMKN 1 Singosari adalah MENDIDIK, MENGAJAR, MENGHANTAR.
Selain mendidik dan mengajar kami juga memiliki tanggung jawab menghantar sampai tujuan, yakni bekerja ke industri-industri sesuai dengan kompetensi dan kemampuan yg dimiliki siswa, sehingga “mutu profil tamatan” mutlak harus bagus yang pada gilirannya akan sangat mudah untuk dipasarkan. Mudah mudahan dengan metode seperti ini dapat memperkecil angka pengangguran di Indonesia khususnya di Kabupaten Malang.
Visi yang diemban oleh SMK Negeri l Singosari adalah: “Menghasilkan tamatan yang berkualitas, berdedikasi tinggi, bertaraf Internasional yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa”.
Tujuan dari visi misi itu untuk menyiapkan lulusan untuk memasuki lapangan kerja maupun yang akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Juga demi menyiapkan lulusan agar mampu berkarir, berkompetisi dan bersikap professional, menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia usaha/industri berskala Global. Dan yang terpenting bertujuan menyiapkan lulusan agar menjadi Warga Negara yang produktif, adaptif, dan kreatif .
Sekolah ini memiliki sejumlah program Unggulan meliputi Program Mekanik Alat Berat yang merupakan Kelas Industri kerjasama dengan PT. Trakindo Utama yang merupakan agen tunggal Alat Berat merk CATERPILAR. Program Mekanik Astra kerjasama dengan PT. Astra International Tbk. Dengan pola belajar week release yaitu l minggu belajar di sekolah dan l minggu belajar di Industri ( Toyota , Daihatsu, dan Isuzu) secara bergantian selama 2 tahun. Program SNBI Advance Otomotif yaitu suatu program keahlian yang berstandar Internasional kerjasama dengan Asian Development Bank (ADB), Mitra Internasional dan VEDC Malang.
Program Community College Multi Kampus Mekanik Otomotif kerja sama dengan Politeknik Malang (POLMAL), dan VEDC Malang, Mekanik Alat Berat kerja sama dengan PT. Trakindo Utama, Hotel Engineering (HE) kerjasama dengan Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) dan VEDC Malang. Serta program Production Base Training (PBT) untuk Program Keahlian Teknik Permesinan (Produksi Hand Tractor)
Disamping itu juga tengah membina program pengembangan, seperti program SMK Besar dalam rangka percepatan dan peningkatan index kualitas SDM di Indonesia. Serta School Mapping sebagai pusat informasi pendidikan di Kabupaten Malang.  ICT (Informasi and Comunication Technology) Center sebagai pusat pengembangan informasi dan komunikasi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.
Dalam program pengembangan itu SMKN I Singosari juga menggagas Career Center sebagai pusat pendidikan dan pelatihan calon mekanik alat berat bekerjasama dengan PT. Saat ini SMKN I Singosari menuju SMM. ISO 9001 : 2000 sebagai SMK yang memiliki standart manajemen mutu internasional.
Kepala Sekolah SMK N 1 Singosari H.Bagus Gunawan, S Pd, M.Si mengatakan, pengembangan mobil SMK itu dilakukan di sejumlah SMK di Indonesia. Tahun lalu, Digdaya I menjadi mobil terbaik, dan mendapat tanda tangan dari Presiden SBY. Kata Bagus, SMKN I adalah salah satu calon pabrikan mobil nasional yang memiliki basis assembling. ”Basis kita adalah assembling, mesin dan komponen lainnya dibuat di SMK Cibinong, sudah memakai EFI,” jelasnya.
Bentuk prestasi SMKN I adalah dengan memproduksi lima jenis mobil sebagai prototype mobil nasional. Hebatnya, mobil bermerek ESEMKA itu akan diproduksi secara massal, adalah karya siswa-siswa SMK. Diprediksi lima tahun ke depan, SMK-SMK di Indonesia akan menjadi dealer resmi sekaligus service center mobil nasional.
Mobil produksi SMKN I Singosari terdiri dari dua jenis, yakni mobil jenis double cabin dan jenis Sport Utility Vehicle (SUV). SMK Singosari meluncurkan empat varian mobil ESEMKA terbaru berjuluk Rajawali dan Digdaya.
Tahun lalu, SMK itu telah berhasil membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan pelaku otomotif Indonesia terpukau. Karya pertama SMK Singosari, berjuluk Digdaya I jenis double cabin tongkrongannya mirip Ford 4 x 4. Namun rancangan perdana SMK 1 Singosari itu berpenggerakan roda 4 x 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

My Popularity (by popuri.us)

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Bergabunglah dengan 6 pengikut lainnya

Get cash from your website. Sign up as affiliate Cell phone video surveillance solution
Indonesians’ Beautiful Sharing Network

Flickr Photos

Nittele Tower in black and white

Buachaille Etive Mor

A Painting from Florence

Lebih Banyak Foto

Statistik

free counters
%d blogger menyukai ini: